Rpp SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah           :        SMA ….

Mata Pelajaran          :        Matematika

Kelas / Semester        :        X (Sepuluh)/Genap

 

Standar Kompetensi :  4.   Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

Kompetensi Dasar     :  4.1.Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.

Indikator                    :  1.   Menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.

2.   Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

 

Alokasi Waktu           :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

 

A.     Tujuan Pembelajaran

a.   Peserta didik dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.

b.   Peserta didik dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

 

B.     Materi Ajar

a.   Pernyataan  dan nilai kebenarannya.

b.   Kalimat terbuka dan himpunan penyelesaiannya.

c.   Ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan dan nilai kebenarannya.

C.     Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab

        

D.     Langkah – langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

Pendahuluan

Apersepsi  :  –

Motivasi    :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, serta dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet, dsb) mengenai penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA  Kelas X Semester Genap Jilid 1B, hal.3-4 mengenai pernyataan dan kalimat terbuka, dan hal. 4-6 mengenai ingkaran atau negasi suatu pernyataan).

b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka,cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

a.   Peserta didik mengerjakan soal mengenai pengidentifikasian kalimat yang merupakan pernyataan dan kalimat terbuka, serta penentuan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 5.

b.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 5.

c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 5-6.

d.   Peserta didik memberikan uraian singkat seputar materi pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya pada kuis yang dilakukan.

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui

b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


Penutup

a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya.

b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.

c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya dalam buku paket pada hal. 5-6 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

E.     Alat dan Sumber Belajar

         Sumber:

–     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 2-6.

–     Buku referensi lain.

         Alat:

–     Laptop

–     LCD

–     OHP

               F.      Penilaian    

Teknik                   : tes lisan, kuis.

Bentuk Instrumen    :     tanya jawab, uraian singkat.

Contoh Instrumen    :

1.   Sebutkan beberapa contoh kalimat terbuka dan kalimat pernyataan.

2.   Tentukan ingkaran atau negasi dari pernyataan:

a.      p:  3 + 4  =7

~p:

b.            p:  Semua bilangan prima adalah bilangan ganjil.

~p:  ………………………………

Surakarta

         Mengetahui,                                                                   Guru Mata Pelajaran Matematika

         Kepala Sekolah

 

 

 

        _______________________                                          _______________________

        NIP/NIK.                                                                       NIP/NIK.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s