MAKALAH PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR ( SBM )

MAKALAH
PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
( SBM )

UMS New

Disusun Oleh :
Dina Purwaningrum A. 410090175

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
SURAKARTA

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran .
Mengajar bukan tugas yang ringan bagi seorang guru. Dalam mengajar guru berhadapan dengan sekelompok siswa, mereka bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berlainan .
Masalah mengajar telah menjadi persoalan pada ahli pendidikan sejak dahulu sampai sekarang. Masalah itu meliputi pengelolaan kelas. Akibat kegagalan guru mengelola kelas, tujuan pengajaranpun sukar untuk dicapai. Pengelolaan kelas yang baik akan melahirkan interaksi belajar mengajar yang baik pula. Tujuan pembelajaran pun dapat dicapai tanpa menemukan kendala yang berarti. Masalah lain yang juga selalu guru gunakan adalah masalah pendekatan. Pendekatan belajar mengajar dapat merupakan suatu konsep atau prosedur yang digunakan dalam membahas suatu bahan pelajaran untuk mencapai tujuan belajar mengajar .
Berkenaan dengan hal itu diperlukan strategi belajar mengajar. Dalam mengajar diperlukan suatu variasi. Dalam pengembangan variasi mengajar tentu saja tidak sembarangan tetapi ada tujuan yang hendak dicapai. Selain itu metode mengajar juga diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode mengajar adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode mengajar mempengaruhi belajar, metode mengajar guru yang kurang baik akan mempengaruhi belajar siswa yang tidak baik pula.
Dalam mengajar hendaknya guru menggunakan lebih dari satu metode. Penggunaan metode gabungan jauh lebih baik karena akan menggairahkan belajar anak didik. Dengan bergairahnya belajar, siswa tidak sukar untuk mencapai tujuan pengajaran.
Dengan tercapainya tujuan pembelajaran maka dapat dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan itu dapat dilihat setelah diadakan kegiatan evaluasi dengan beberapa tujuan pembelajaran.

PEMBAHASAN

PENGERTIAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan, sedangkan belajar adalah bentuk aktifitas manusia yang dilakukan sejak lahir sampai meninggal dunia atau suatu yang perubahan pada kepribadian yang dinyatakan pengusahaan – pengusahaan respin (sambutan) atau tingkah laku yang baru yang berupa perubahan keterampilan, sikap, kebiasaan, kesanggupan dan pemaksaan sedangkan mengajar adalah suatu pembuatan dapat dikatakan tindakan mengajat bila tindakan itu didasarkan atas suatu perencanaan yang matang dan teliti.
DEFINISI SBM DARI PARA AHLI
Menurut Gerlach dan Ely SBM adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan mata pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.
Penjabarannya: SBM adalah suatu cara-cara yang dipakai oleh guru dalam proses pengajaran yaitu dalam hal menyampaikan mata pelajaran meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan sehingga dengan begitu akan memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Dalam proses belajar mengajar harus meliputi sifat,lingkup dan urutan kegiatan agar dijadikan pengalaman yang berkesan bagi para siswa. Siswa lebih mengenal suatu system pembelajaran yang menarik yang mencakup semua aspek dan sifat dalam urutan kegiatan tersebut. Dalam pembelajaran ini siswa dapat mengerti dan memahami pelajaran melalui pengalaman yang mereka dapat dari pendidik.
Sedangkan menurut ahli lain yaitu Gropper SBM terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain SBM juga merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai.
Penjabarannya: SBM menyangkut semua komponen materi pengajaran dan prosedur umtuk membantu siswa dalam hal mencapai tujuan pengajaran. Disamping itu juga ada pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menurut Dick and Carey SBM adalah Strategi belajar yang tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan melainkan juga termasuk didalamnya materi atau paket pengajarannya.
Penjabarannya : Dalam proses pembelajaran tidak hanya terbatas pada prosedur atau langkah – langkah kegiatan dalam arti, dalam suatu proses pembelajaran didalamnya juga termasuk materi maupun paket pembelajaran, karena materi berperan penting dalam suatu proses pembelajaran.
Menurut Wina Sanjaya strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Penjabarannya : Dalam proses belajar mengajar disini guru sebagai subyek dan siswa sebagai obyek pembelajaran. Dalam hal ini memerlukan stategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimpletasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplikasikan strategi pembelajarannya diantaranya ceramah, demontrasi, diskusi, simulasi, laboraturium, pengalaman lapangan, brainstrorming, debat dan symposium. Metode pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.Dengan kata lain metode pembelajaran merupakan bungkusan dari penerapan suatu pendekatan, metode dan teknik pembelajaran.
Menurut Fadilah strategi belajar mengajar adalah salah satu komponen dalam system pembelajaran. Komponen itu adalah tujuan materi, strategi dan evaluasi.
Penjabarannya : Kegiatan guru dalam proses belajar mengajar harus dapat memberikan kemudahan bagi siswa agar dapat mencapai tujuan dalam pengajaran tersebut. Agar tujuan itu tercapai diperlukan suatu strategi dalam mengajar. Dalam penyampaian materi guru memiliki strategi yang mudah dipahami oleh siswa. Berhasil tidaknya guru dalam mengajar dapat dilakukan dengan mengadakan evaluasi belajar.
SBM menurut J. R. David dalam Teaching Strategies for College Class Room (1971 ) ialah a plan, method, or series of activities designe to archives a particular educational goal ( 1980 ). Menurut pengertian ini SBM meliputi rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu untuk melakukan strategi tertentu diperlukan seperangkat metode pengajaran. Strategi dapat diartikan sebagai a plan of operation achieving something “ rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu”. Sedangkan metode ialah away machieving something, cara ntuk mencapai sesuau untuk melakukan suatu strategi digunakan seperangkat metode pengajaran tertentu. Dalam pengertian demikian maka metode pengajaran menjadi salah satu unsure dalam SBM. Unsur seperti sumber belajar, kemampuan guru dan siswa, media pendidikan, materi pengajaran, organisasi adalah waktu tesedia, kondisi kelas dan lingkungan merupakan unsur-unsur yang mendukung SBM.
Menurut Drs.Syaiful Bahri Djamarah dan Drs.Aswan Zain strategi belajar mengajar adalah pola –pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujan yang telah digariskan .
Penjabaran : dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapi tujuan yang telah digariskan ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yaitu mengidentifikasi serta menetapkan empat strategi dasar dalam belajar mengajar diantaranya mengidentifikasikan serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan,memilih system pendekatan belajar mengajarberdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat,memilih dan menetapkan prosedur,metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya dan menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpanbalik buat peyempurnaan system instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.Hal tersebut sangat penting dan pokok dalam proses belajar agar berjalan secara efektif dan tercapai tujuan pembelajan.

KESIMPULAN

Strategi pembelajaran merupaakan salah satu komponen yang penting dari system pengajaran. Meskipun tujuan telah dirumuskan dengan baik materi yang dipilih sudah tepat, tetapi jika strategi pembelajaran yang dipergunakan kurang memadai, mungkin tujuan yang diharapkan tidak tercapai, atau mungkin tujuan tercapai dengan susah payah. Dengan demikian strategi pembelajaran adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.
Strategi belajar mengajar merupakan proses belajar mengajar agar tercapainya tujuan pengajaran yang efektif, efisien dan ekonomis serta dapat meningkatkan keterlibatan siswa baik secara intelektuan maupun fisik. Dalam proses pembelajaran guru harus banyak memiliki strategis dan pembaaruan-pembaharuan dalam proses belajar mengajar sehingga membuat suasana kelas menjadi interaktif dan strategi pembelajaran juga menyangkut materi-materi yang ada dalam pengajaran. Sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai.

DAFTAR PUTAKA

Djamarah.Bahtiar Syaiful dan Aswan Zain . 1002.Strategi Belajar Mengajar .Jakarta : Rineka Cipta.
.Pengertian srategi Belajar Mengajar .(Online). http:/tips-belajar – internet .blogspot.com /2009/08/srategi –mengajar –matematika.htm .diakses tanggal 28 februari 2011.
Pengertian Strategi Belajar Mengajar .(Online). http:/ http://www.doestoc .com/does /27546729/STRATCL-MC-UNS. Diakses tanggal 28 februari 2011.
Pengertian Strategi belajar mengajar .(online) http : /dunia edukasi .com .,diakses tanggal 28 februari 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s